Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 3 Halaman 52-68

Bahasa indonesia Kelas 5 Halaman 52:
Di jalan raya, di terminal, di pasar, atau di tempat-tempat lainnya kalian mungkin pernah melihat tanda atau lambang sebagai petunjuk. Ada tanda tempat pembuangan sampah, ada tanda tempat menyeberang, dan lainnya. Tanda atau lambang seperti itu disebut rambu-rambu. Semua orang harus memahami dan menaati ramburambu supaya semua berjalan dengan tertib demi kebaikan bersama.
Gambar-gambar di bawah ini disebut rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bisa berupa lambang, huruf, angka, atau kalimat. Gunanya untuk memberikan peringatan, larangan, perintah, dan petunjuk bagi pemakai jalan. Pernahkah kalian melihatnya?

Jawaban:

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 55:
Jawaban:
1. Rudi membunyikan bel sepedanya, Bang Tanto membunyikan klakson sepeda motornya.

2. Nelayan mendayung sampan, Rudi mengayuh sepeda.

3. Ayo, bergeraklah dengan sigap, jangan bermalas-malasan!

4. Rudi mengerem sepedanya supaya berhenti.

5. Helm dipakai untuk melindungi kepala.

6. Jika lampu lalu lintas menyala merah, berarti kendaraan harus berhenti.


Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 56:
Berdiskusi
Diskusikanlah kembali cerita “Awas!” bersama teman dan guru. Kalian dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai bahan diskusi.
Sampaikan jawaban kalian setelah dipersilakan guru.
Jawaban:
1. Di mana Rudi berada?
=Rudi sedang berada di persimpangan jalan raya

2. Mengapa pengendara sepeda motor itu marah kepada Rudi?
=Pengendara motor marah kepada Rudi Karena pengendara sepeda motor terjatuh akibat Rudi menerobos lalu lintas yang belum berwarna hijau.

3. Mengapa Rudi memutuskan maju saat lampu lalu lintas belum berwarna hijau?
=Karena Rudi tidak sabar menunggu lampu lalu lintas di depannya berganti hijau dan mengira sudah tidak ada kendaraan lagi dari sebelah kanan dan kiri.

4. Menurut kalian, bagaimana perasaan Rudi?
=Rudi sangat terkejut dan merasa takut serta menyesal telah menerobos lalu lintas yang belum berwarna hijau.

5. Jika kalian menjadi Rudi, apa yang kalian lakukan?
=Saya tidak akan menerobos lalu lintas yang belum berwarna hijau karena sangat berbahaya bagi keselamatan diri dan orang lain.

6. Pernahkah kalian mengalami kejadian seperti itu? Ceritakanlah!
=Saya tidak pernah mengalami kejadian seperti Rudi, karena saya selalu taat peraturan lalu lintas


Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 61:
1. Mendiskusikan Bacaan
Setelah membaca teks “Jauh dan Dekat”, berdiskusilah membahas topik kendaraan. Sebelum berdiskusi, kalian boleh mencari sumber bacaan lain tentang kendaraan. Saat berdiskusi, acungkan jari untuk meminta giliran. Berbicaralah setelah dipersilakan guru!
Jawaban:
a. Apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di laut? Adakah yang sama?
=Alat transportasi di sungai antara lain sampan, perahu cepat, atau kapal laut, Persamaan nya yaitu mengapung di Air.

b. Tahukan kalian alat transportasi darat yang disebut dokar? Apa yang dapat kalian ceritakan tentang dokar?
=Dokar bisa disebut juga dengan Delman yaitu kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. 
Pengemudi dokar disebut kusir yang menggunakan atau memakai pakaian tradisional.

c. Di sebagian daerah, perahu disebut sampan. Apa sebutan untuk perahu di daerah kalian? =seperti Jukung dari Kalimantan,Kora-kora dari Maluku,

d. Menurut kalian, mengapa ada begitu banyak jenis kendaraan? =Karena Semakin meningkatnya Kebutuhan akan manfaat dari berbagai alat transportasi dengan mudah dan cepat

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 62:
2. Pilih Kendaraan
Untuk kegiatan berikut ini, kalian perlu membentuk kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 orang. Setiap kelompok memilih satu moda transportasi di antara empat yang disediakan. Satu moda transportasi hanya boleh dipilih oleh satu kelompok. • Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya. Misalnya, Kelompok Darat memilih mobil, Kelompok Laut memilih perahu cepat, Kelompok Udara memilih pesawat terbang, dan Kelompok Hewan memilih unta. Tentu saja kalian boleh mengusulkan kendaraan lain di kelompok kalian.
• Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya. Seberapa cepat kendaraannya itu bisa berjalan? Apa keuntungan menggunakan kendaraan tersebut? Apa kekurangannya?
• Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya. Seberapa cepat kendaraannya itu bisa berjalan? Apa keuntungan menggunakan kendaraan tersebut? Apa kekurangannya?
• Tuliskan hasil diskusi tersebut! • Presentasikan ke depan kelas secara bergiliran!
• Tuliskan hasil diskusi tersebut! • Presentasikan ke depan kelas secara bergiliran!
Jawaban:
*Kendaraan Darat Mobil
-Kelebihan: bisa mengangkut banyak orang dan barang, bisa menjangkau pelosok.
-Kekurangan: memerlukan bahan bakar, mengeluarkan polusi, rawan terjebak macet, perlu pemeliharaan terus-menerus dll.

*Kendaraan Udara: Pesawat Terbang
-Kelebihan: dapat menjangkau lokasi yang jauh, memiliki kecepatan paling tinggi, memiliki kenyamanan baik
-Kekurangan: biaya perjalanan yang besar, membutuhkan investasi dan infrastruktur besar, emiliki resiko tinggi

*Kendaraan Hewan: Unta
-Kelebihan: Unta dapat menempuh jarak yang jauh dengan sedikit air atau makanan, meski berjalan dengan beban 550 hingga 700 pon, lebih hemat biaya, ramah lingkungan
-Kekurangan: kecepatan laju yang terbatas, beban yang dibawa terbatas

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 64:
Menulis
1. Kata Berawalan ‘ber-’
Kerjakan soal latihan berikut ini di buku tulis kalian! Berilah imbuhan ‘ber-’ atau ‘ber-’ + ‘-an’ pada kata yang ada dalam kurung sehingga menjadi kalimat yang benar.
Jawaban:
a. Capung (terbang) di udara
➡️Capung beterbangan di udara.
b. Bibi (cermin) sambil mematut diri.
➡️Bibi becermin sambil mematut diri.
C. Bima (sekolah) di SD Tunas Mulia.
➡️Bima bersekolah di SD Tunas Mulia.
d. Adik (ajar) membaca
➡️Adik belajar membaca.
e. Tuti (rambut) panjang.
➡️ Tuti berambut panjang.
f. Petani (kerja) di sawah.
➡️ Petani bekerja di sawah.
g. Tina dan Tini (main) petak umpet.
➡️ Tina dan tini bermain petak umpet.
h. Kerbau (rendam) di kubangan
➡️Kerbau berendam di kubangan.

2. Pengalaman Bepergian
Tuliskan pengalaman kalian pergi ke suatu tempat di buku tulis. Kalian boleh menceritakan perjalanan dari rumah ke sekolah atau menceritakan pengalaman saat kalian bepergian ke kota lain atau ke suatu tempat yang berkesan.
Jawaban:
                      Pengalaman Bepergian Ke Pasar
Pada hari Minggu aku dan ibuku pergi ke Pasar Pagi. Jarak pasar dari rumah cukup jauh. Kami berdua pergi ke pasar menggunakan sepeda motor. Perjalanan ke pasar bersepeda motor ternyata cukup menyenangkan.

Selama perjalanan menuju ke pasar aku melihat banyak gedung tinggi dan rumah-rumah penduduk yang saling berhimpitan. Aku juga melihat pohon-pohon di pinggir jalan yang berjajar seperti ikut mengejarku. Aku tidak lupa berpegangan pada ibu agar tidak terjatuh. 

Satu hal menarik yang saya temui selama perjalanan adalah ternyata banyak pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm. Mereka ada yang menggunakan topi sebagai penutup kepala. Padahal hal tersebut tentu berbahaya bagi keselamatan mereka. Walaupun tidak ada Pak Polisi yang sedang bertugas, kita harus tetap mematuhi aturan yang berlaku.

Namun ada juga hal yang tidak saya sukai dalam perjalanan menuju ke pasar. Banyak pengendara yang menjalankan kendaraan sangat kencang. Hal tersebut tentu membahayakan bagi dirinya dan orang lain.

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 65:
Mengamati
Amatilah denah berikut ini bersama-sama! Carilah air mancur bertanda Y! Jika kalian berada di X, telusuri jalan yang harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y. Deskripsikan perjalanan itu menggunakan kata-kata seperti berjalan lurus, berbelok ke kanan, menyeberang, di sebelah kiri, dan lainlainnya. Gunakan bangunan atau pohon sebagai penanda.
Apakah ada jalan lain yang bisa kalian tempuh? Mana yang lebih dekat?
Jawaban:

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 68:
Adakah kata lain yang kalian ketahui? Jika ada, catatlah di buku tulis kalian.
Jawaban:
Jalan lurus, Ikuti.,Terus lurus, Ikuti jalan,Belok kiri,Ambil kiri,Belok kanan.

*Menulis.
Rute Menuju Sekolah Ceritakan di buku tulis rute perjalanan kalian dari rumah ke sekolah, dimulai dari rumah sebagai titik awal.
Gunakan panduan dan pertanyaan berikut ini untuk membantu kalian menuliskannya.
Jawaban:
Hari ini, tepat pukul 06.00 pagi, Saya dan Ayah berangkat menuju ke sekolah. Kami berangkat lebih awal bukan karena lokasi sekolah jauh tetapi untuk menghindari kemacetan di jalan raya. Ayah mengantarku ke sekolah menggunakan sepeda motor. 

Hari ini Ayah mengambil jalur yang berbeda dari hari biasanya. Biasanya Ayah menggunakan jalur jalan besar, namun kali ini memasuki jalan kampung. Jika menggunakan jalan besar pasti akan macet. Selama perjalanan Ayah mengendarai motor dengan pelan dan hati-hati. Kami melewati banyak rumah penduduk, bangunan pertokoan, pasar, dan sekolah TK sepanjang jalan menuju ke sekolahku. 

Dari rumah kami bergerak ke arah selatan menuju jalan Dahlia. Setelah berjalan sekitar 3 km berbelok ke kanan menuju jalan Mawar. Setelah melewati jalan mawar sampailah di sebuah perempatan. Sekolahku berada di seberang perempatan tersebut. 

Setelah menempuh perjalanan hampir 50 menit, kami pun tiba dengan selamat di sekolah pada pukul 06.50 pagi. Ternyata sudah banyak siswa yang hadir di sekolah. Ayah hanya mengantar sampai di depan pagar saja. Setelah berpamitan dan mencium tangan Ayah, saya pun masuk ke dalam sekolah dan berjalan semangat menuju kelas.

Komentar

Populer

Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 80-89

Soal dan Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 123-124